PT Arta Batrindo
Jajal Indonesia, Hankook Andalkan Experiential Marketing
Sejumlah brand dunia tengah menyerbu Indonesia, salah satunya Hankook Tire, produsen ban terbesar ketujuh di dunia. Perusahaan ban asal Korea Selatan itu berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia sebesar US$ 1,1 miliar atau Rp 10,56 triliun (US$1= Rp 9.600) terhitung tahun 2010 hingga 2018 mendatang. Dengan mengandalkan pabrik di Cikarang, Jawa Barat, Hankook akan memiliki kapasitas produksi sebanyak 17 juta ban per tahunnya.
“Kami sudah melihat potensi Indonesia sebelum krisis keuangan ada. Namun karena adanya berbagai proses, kami akhirnya baru bisa mewujudkan pada tahun 2010” kata Jae Bum Park, Vice President ASEAN-India Sales & Marketing Team Hankook Tire.
Prediksi dan optimisme produsen bank asal Korea Selatan ini terhadap Indonesia memang tidaklah salah. Indonesia yang memiliki penduduk sebesar 240 juta orang atau terbesar ke empat di dunia memang menjadi pasar yang menarik di mata dunia. “Dan lebih dari 50% penduduk Indonesia berusia muda dan produktif. Mereka mempunyai kemampuan dan daya beli yang kuat,” kata Park.
Nah, untuk memperkuat brand Hankook Tire di mata konsumen ritel, Hankook Tire pun memberikan kesempatan bagi calon konsumen untuk menjajal produk mereka secara langsung dengan mendirikan gerai Hankook Masters (HM) di Surabaya dan Bandung.
Hankook Masters merupakan sebuah gerai premium yang menawarkan berbagai layanan dari hulu ke hilir. Konsumen bisa merasakan seperti apa produk yang menjadi andalan Hankook, serta mendapatkan rekomendasi ban apa yang paling pas untuk kendaraan mereka. Artinya dalam urusan menjual, Hankook Tire mengandalkan experiential dan consultative selling.
Tentunya bukanlah tanpa alasan Hankook Tire menjadikan kota Surabaya dan Bandung sebagai project awal untuk gerai Hankook Masters. Menurut catatan mereka, Surabaya mencatatkan penjualan otomotif sebesar Rp 147,5 miliar dalam Pameran Otomotif Surabaya 2012 lalu. Angka ini melonjak 40% dibandingkan pameran setahun sebelumnya. Sedangkan di Bandung, Hankook mencatat setidaknya ada 400.000 unit mobil yang lalu lalang di kota ini.
Yang jelas, Surabaya dan Bandung bukanlah menjadi akhir dari perjalanan Hankook Tire dalam memberikan pengalaman bagi konsumen Indonesia. Pasalnya, mereka menargetkan bakal membuka 30 gerai Hankook Masters lainnya di seluruh Indonesia hingga akhir 2013 ini. “Kami bakal membuka 100 gerai Hankook Masters di berbagai wilayah Indonesia hingga tahun 2016,” kata Park.
Artikel selengkapnya bisa didapatkan di Marketeers Magazine edisi April 2013, bertajuk “In Indonesia We Trust”
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar